RINGKASAN KHOTBAH


KEINGINAN HATI
Ayat Pokok: Mazmur 27:1-4
Oleh: Pdt. A.H. Mandey


ne thing have I desired of the LORD, that will I seek after...  Dalam bahasa asli maupun terjemahan Bahasa Inggris, kata “kuingini” adalah “to seek after” = berupayamencari sampai dapat.  “Diam Dalam Rumah Tuhan Seumur Hidupnya” – itulah satu permintaan raja Daud yang diingini = sungguh-sungguh dicarinya! 
Keinginan Jasmani 
Manusia memiliki banyak keinginan.  Keinginan bermuara dari hati; beralih ke pikiran: berpikir bagaimana cara untuk memenuhi keinginan; untuk kemudian dituntaskan melalui perbuatan.
Perhatikan apa kata Firman Tuhan mengenai keinginan manusia yang berujung pada maut!  “Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.  Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut” – Yakobus 1:14-15.
Amsal 21:10 – “Hati orang fasik mengingini kejahatan...”  Kecenderungan = keinginan hati manusia membuahkan kejahatan semata-mata.  Itu sebabnya di zaman Nuh, Tuhan pernah menyesal bahwa Ia telah menjadikan manusia, sehingga Ia memutuskan untuk menghapuskan manusia dari muka bumi – Kejadian 6:5-7!

Keinginan Rohani
Berbeda dari keinginan jasmani yang berbuahkan maut, keinginan rohani mendatangkan hidup kekal bersama Yesus.  Puji Tuhan! 
Tuhan sanggup dan akan memberikan keinginan hati saudara dan saya.
Syaratnya:
1. Percaya kepada Tuhan;
2. Lakukan yang baik;
3. Setia;
4. Bergembiralah karena Tuhan, Maka Ia akan memberikan kepadamu 
   apa yang diinginkan hatimu!
5. Serahkan hidup kepada Tuhan;
6. Percaya kepadaNya, Dan Ia akan bertindak! Mazmur 37:3-5.
Seorang muda kaya raya yang datang menemui Yesus, telah melakukan segala yang diperintahkan Hukum Taurat.  Tapi ia merasa masih ada yang kurang.  Ia ingin beroleh kehidupan kekal.  Namun ketika Tuhan menyuruhnya menjual seluruh hartanya lalu mengikut Dia, Alkitab mencatat, “… pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya” – Matius 19:16-22. 
Keinginan rohani orang muda yang kaya raya ini – kerinduannya untuk memiliki hidup yang kekal, tak cukup kuat untuk mengalahkan kecintaan dan keterikatannya pada harta dan perkara dunia!  Sayang sekali!
Saudara, hal-hal rohani menghasilkan perkara-perkara yang baik, termasuk kebutuhan akan perkara-perkara jasmani.  Allah bahkan sanggup memberikan lebih dari apa yang kita minta dan pikirkan – Efesus 3:20.  Puji Tuhan!  “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu”  – Matius 6:33.

Yang Terbesar: KASIH
“Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap” – 1 Korintus 13:8.
Jangan biarkan hatimu terikat pada perkara-perkara yang sementara sifatnya.  Sebab segala sesuatu akan lenyap, tetapi KASIH tetap ada untuk selamanya.  Allah adalah KASIH!  Haleluya!
Allah adalah kasih.  “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah” – 1 Yohanes 4:8.  Sudahkah saudara sungguh-sungguh hidup dan tinggal di dalam Kasih? 
Keinginan hati/kerinduan raja Daud hanya satu: Diam Dalam Rumah Tuhan Seumur Hidupnya!  Untuk apa?  Menyaksikan segala kemurahan Tuhan dan menikmati baitNya!  Apakah keinginan hati saudara yang terdalam?
Tuhan Yesus memberkati!
http://www.gpdi-ketapang.com




PERBUATAN-PERBUATAN ROHANI
Ringkasan Khotbah Pdt. DR. M.D. Wakkary. 



OBAJA 1 : 15
"Sebab telah dekat hari Tuhan menimpa segala bangsa.  Seperti yang engkau lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu, perbuatanmu akan kembali menimpa kepalamu sendiri".
Istilah hari Tuhan mempunyai pengertian sangat penting bagi orang-orang percaya.  Arti hari Tuhan ialah berkenaan dengan kedatangan Yesus yang kedua kali.  Untuk itu gereja Tuhan diperingatkan melalui ayat di atas supaya jangan seperti kedatangan Yesus yang pertama dimana manusia tidak siap atau tidak percaya.  Kedatangan Tuhan yang kedua kali adalah seperti pencuri karena tidak diketahui kapan datangnya.  Tapi bagi orang percaya kedatangan Yesus kedua kali bukan seperti pencuri.  Melalui Firman Allah kita mengetahui tanda-tanda zaman menjelang Kristus akan datang.  Salah satu contoh nyata sekarang sebagai tanda bahwa kedatangan Kristus telah dekat ialah (I Yohanes 2 : 18) muncul banyak antikristus (antikristus kecil), karena antikristus besar belum muncul.  Perbuatan antikristus ialah menentang Kristus dengan kekerasan, teror, pembunuhan dll.  Bagi anak-anak Tuhan tanda-tanda atau sebagai rambu-rambu bahwa kita telah hidup di akhir zaman cukup jelas.
Perbuatan dunia ini dikategorikan dua jenis yaitu baik dan jahat.  Tetapi yang perlu ditingkatkan oleh orang percaya di akhir zaman ialah berbuat baik.  Karena Firman Allah menegaskan (Obaja 1 : 15) bahwa pada hari Tuhan, sesuai dengan perbuatan kitalah akan ditimpakan kepada kita.  Pada hari Tuhan kita harus mempertanggungjawabkan semua perbuatan-perbuatan yang telah kita lakukan.  Dalam Roma 7 : 15-25 kita membaca bahwa di dalam diri manusia sebenarnya ingin selalu berbuat baik tapi ujung-ujungnya berbuat jahat, karena tubuh yang berdosa cenderung berbuat jahat dan di dalam tubuh manusia penuh dengan godaan dari jaksa maha agung yaitu iblis yang selalu menuduh manusia berbuat jahat.  Tapi syukur, oleh anugerah Kristus kita telah dilepaskan dari cengkeraman iblis.  
Gereja Tuhan dituntut harus berbuat baik supaya dapat menjadi saksi bagi orang lain.  Sebagai orang yang telah dikuduskan harus mampu menunjukkan pada orang lain bahwa kita adalah anak-anak Allah yang penuh dengan kasih (Matius 5:16).  Kita harus menjadi garam dan terang, menjadi berkat bagi orang lain.
Jadi tunjukkanlah kepada dunia perbuatan yang baik sebagaimana Kristus telah menunjukkan kebaikanNya kepada kita.  Sehingga nama Allah yang kita sembah dipermuliakan dan diagungkan.  Amen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar